Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Sofware Open Source

Komputer membutuhkan software untuk melaksanakan tugasnya. Software ini dibuat oleh beberapa pengembang software. Dari beberapa model pengembangan software, model pengembangan open source software  merupakan salah satu bagiannya.  Model ini telah digunakan secara luas dalam 20 tahun terakhir ini. Banyak sekali teknologi yang merupakan hasil dari model pengembangan ini yang digunakan sehubungan dengan software yang diproduksi oleh industri software komersial dan hasilnya telah memberikan kemajuan besar dalam hal kapabilitas, kemampuan, aksesibilitas dan keterbelian dari software tersebut.

Keungutungan software open source adalah :

  1. Hak Untuk Menggunakan Software

User dapat menggunakan software open source dengan bebas tanpa mengeluarkan biaya untuk membeli lisensi dari software tersebut. User tinggal mendownload software tersebut di internet dengan bebas.

  1. Hak Untuk Memodifikasi

User dapat melakukan modifikasi terhadap sebuah software open source tanpa ada yang melarang atau mendapat sangsi dari perusahaan tertentu. Sehingga user dapat berkreasi memodifikasi software sesuai dengan yang dibutuhkan.

  1. Hak Untuk Mendistribusikan Modifikasi dan Perbaikan Pada Kode

Setelah user memodifikasi sebuah software open source, maka user tersebut dapat mendistribusikan hasil modifikasinya ke pengguna umum.

Kerugian software open source adalah :

  1. Tidak ada garansi dari pengembangan

Pada saat sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.

  1. Kesulitan Dalam Mengetahui Status Project

Karena statusnya yang open source, tidak banyak perusahaan yang mengiklankan sebuah software open source. Sehingga tidak banyak orang yang mengetahui sebuah software yang telah di modifikasi.

  1. Masalah yang Berhubungan Dengan Intelektual Properti

Pada saat ini beberapa negara diberikan software dan algoritma yang dipatenkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa metode utama untuk menyelesaikan masalah software sudah di patenkan, sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual properti.

Sumber :

http://budi.insan.co.id/courses/ec7010/dikmenjur/winarso-report.doc

http://kanaichishino.wordpress.com/2012/03/28/keuntungan-dan-kerugian-menggunakan-software-open-source/

http://rizarahmat24.blogspot.com/2012/03/keuntungan-dan-kerugian-menggunakan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: