Proposal Penulisan Ilmiah

PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

 

Nama              : Chandra Arianus Sibero

NPM                : 10108460

Kelas              : 3KA05

 

Judul Penulisan Ilmiah : PEMBUATAN GAME “TREASURES PUZZLE” UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8.0.


ABSTRAK

 Chandra Arianus Sibero, 10108460

PEMBUATAN GAME “TREASURES PUZZLE” UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8.0.

PI. Sistem Informasi. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma. 2011

Kata Kunci : Game, Anak, Macromedia Flash 8.

                Game TREASURES PUZZLE ini merupakan game memasukkan kunci ke dalam suatu lubang oleh sebuah objek yang digerakkan oleh keyboard. Game ini diperuntukkan bagi anak-anak, selain itu game ini terdiri dari beberapa level, waktu, tantangan dan memiliki score dari hasil permainan. Dengan game TREASURES PUZZLE ini, diharapkan anak-anak dapat mengurangi bermain game online yang membutuhkan biaya yang cukup besar dan disamping itu dapat menumbuhkan minat anak-anak untuk menciptakan game lain.


Latar Belakang Masalah

            Di zaman modern ini, perkembangan software sangat pesat. Tidak hanya dalam hal software aplikasi saja, tetapi dalam dunia game juga sama. Salah satu software yang saat ini banyak digunakan untuk membuat game mulai dari jenis  game sederhana sampai game yang rumit adalah Macromedia Flash. Macromedia  Flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan oleh para desainer untuk menghasilkan desain yang menarik. Diantara program-program animasi, program Macromedia Flash merupakan program yang paling fleksibel untuk membuat animasi sehingga banyak yang menggunakan program tersebut.  Fungsi program Macromedia Flash adalah untuk membuat animasi, baik animasi interaktif maupun animasi non-interaktif. Program Macromedia Flash sangat  bermanfaat bagi para seniman untuk menuangkan ide-idenya ke dalam sebuah  animasi gerak.

            Macromedia Flash biasanya digunakan untuk membuat animasi web yang akan ditampilkan dalam sebuah situs  internet, pembuatan animasi-animasi film, animasi iklan dan lain-lain. Saat membuat sebuah desain yang akan ditampilkan dalam situs internet, maupun di televisi, desainer sering menggabungkan program Macromedia Flash dengan program-program lain, seperti: Macromedia Dreamweaver, Frontpage, Adobe Photoshop, CorelDraw, dan lain-lain.

            Game Treasures Puzzel merupakan jenis game memasukkan kunci ke suatu lubang dengan mendorong kunci tersebut dengan sebuah objek yang kita gerakkan menggunakan keyboard, selain itu harus menghindari pula karakter dari sebuah dinding yang dapat mematikan objek yang mendorong kunci tersebut. Setelah kunci di dorong ke tempat yang telah disediakan dan sesuai dengan waktu yang ditentukan, maka akan menambah score yang ditandai dengan melanjutkan ke level berikutnya.

Ruang Lingkup

Dalam Tulisan Ilmiah ini, penulis membatasi penggunaan game untuk anak kecil, yaitu anak sekitar usia 3-5 tahun. Sedangkan permainan game sangat ditekankan pada ketelitian, ketangkasan dan rasa hati-hati. Didalam game ini juga disediakan tata cara atau langkah-langkah cara memainkannya diawal permainan untuk memudahkan anak-anak memainkannya.

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ini adalah merancang dan membuat suatu game yang sederhana yang diperuntukan bagi anak-anak agar mereka dapat betah di rumah dan tidak merasa bosan. Disamping itu pula tujuan pembuatan game ini adalah untuk melatih pemikiran anak dan dalam menyelesaikan suatu masalah.

Adapun tujuan penulisan ini bagi penulis adalah untuk mengurangi pengeluaran anak tersebut dimana sekarang ini banyak game-game online bermunculan sehingga untuk memainkan game online tersebut banyak membutuhkan biaya. Oleh karena itu dengan adanya game ini anak-anak dapat memainkannya di computer pribadi di rumah masing-masing meskipun membutuhkan biaya tetapi tidak sebesar biaya yang dikeluarkan pada saat bermain game online. Di samping itu game ini dapat menumbuhkan rasa ingin tau pada anak tersebut tentang pembuatan game dan dunia tegnologi.

Metode Penulisan

Pembuatan game dilakukan dengan metode studi pustaka, yaitu dilakukan dengan mengumpulkan buku-buku yang berhubungan dengan bahasa pemrograman Macromedia Flash 8.0 dan mencari bahan tambahan melalui internet.

3 Komentar

  1. ciputrina said,

    April 23, 2012 pada 7:59 pm

    kok g di lanjutin?//
    ada scriptnya g???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: