WASPADA HIPERTENSI

WASPADA HIPERTENSI

Hipertensi adalah penyakit yang terjadi pada diri seseorang akibat tekanan darah dalam tubuhnya meningkat. Tekanan darah tersebut terjadi karena pembuluh darah menyempit maka tekanan darah di dalam pembuluh darah akan meningkat. Selain itu, jika jumlah darah yang mengalir bertambah, tekanan darah juga akan meningkat. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi, antara lain yaitu :

1. Merokok

Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

2. Kurang Berolahraga

Kurang berolahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda namun jangan melakukan olahraga yang berat jika Anda menderita tekanan darah tinggi.

3. Usia

Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.

4.      Keturunan

Jika seseorang memiliki orang-tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.

5. Kolesterol

Kandungan lemak yang berlebih dalam darah Anda, dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin.

6. Stres

Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.

Bagi anda yang masih memiliki tekanan darah normal ada baiknya dijaga mulai dini agar tekanan darah tinggi tidak menyerang tubuh anda. Beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari tekanan darah tinggi adalah :

  • Banyak makan makanan yang memiliki serat tinggi seperti sayuran danbuah-buahan
  • Berhenti merokok atau tidak merokok sama sekali dapat mencegah datangnya tekanan darah tinggi
  • Tidak meminum minuman baralkohol
  • Mengurangi mengkonsumsi garam pada makanan
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Olah raga secara teratur

 

Catatan :

Kalimat yang berwarna merah adalah contoh kalimat Generalisasi

Kalimat yang berwarna biru adalah contoh kalimat Analogi

Kalimat yang berwarna hijau adalah contoh kalimat Sebab Akibat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: