Dampak Positif dan Negatif Pola Konsumtif

Dampak Positif dan Negatif Pola Konsumtif

Pola konsumtif adalah suatu sifat yang sangat mendasar pada kehidupan setiap orang. Konsumtif dapat dikatakan sebagai perbuatan yang ingin menggunakan setiap barang-barang yang ada, terutama barang-barang yang berhubungan dengan teknologi. Bukan hanya barang teknologi melainkan setiap barang yang hanya ingin dipakai atau dapat dikatakan tidak ingin menciptakan suatu barang atau ingin mengtahui bagaimana cara pembuatan barang tersebut dapat disebut tidakan konsumtif. Contohnya seperti  negara kita sekarang ini, negara kita merupakan suatu negara yang dimana masyarakatnya sangat memiliki sifat konsumtif yang sangat besar. Pola hidup konsumtif memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah :

  • Dengan adanya modernisasi terhadap barang-barang teknologi dapat merubah tata nilai dan sikap masyarakat yang awalnya irasional menjadi rasional dengan menggunakan barang teknologi tersebut.
  • Berkembangnya ilmu pengatahuan dan teknologi dapat mempermudah masyarakat dalam melaksanakan kegiatan dan mendorong masyarakat untuk bersifat lebih maju. Sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan barang-barang berteknologi canggih dalam melaksanakn kinerja perusahaannya.
  • Dengan adanya sifat konsumtif maka barang-barang yang dubutuhkan oleh masyarakat akan lebih banyak lagi sehingga perusahaan akan membutuhkan banyak tenaga kerja dalam pembuatan barang tersebut. Oleh karena itu pola hidup konsumtif dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada.

Sedangkan dampak negatifnya adalah :

  • Dengan mengkonsumsi atau menggunakan barang-barang berteknologi canggih kebanyakan orang-orang pada saat ini ingin hidup individualisme, mereka merasa tidak membutuhkan orang lain lagi dalam melaksanakan tugas mereka. Sehingga kadang mereka lupa bahwa mereka merupakana makhluk sosial yang seharusnya hidup bersama-sama.
  • Pola hidup konsumtif juga dapat menggeser nilai budaya kita. Dengan mengkonsumsi atau menggunakan barang-barang berteknologi canggih banyak anak-anak pada zaman sekarang ini menjadi malas, mereka merasa lebih baik bermain game daripada belajar atau lebih baik bermain game daripada membantu orang tua. Dan yang paling buruk adalah banyak anak zaman sekarang tidak lagi hormat kepada orang tuanya.

Jadi hindarilah pola hidup konsumtif yang berlebihan, karena pola hidup konsumtif merupakan pola hidup yang tidak baik. Boleh menggunakan pola hidup konsumtif, hanya saja buatlah pola hidup konsumtif yang kita lakukan tersebut berdampak positif bagi kehidupan kita.

2 Komentar

  1. Januari 31, 2012 pada 7:03 am

    bagus banget ………trimakasih ya🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: