Keterkaitan dan Implementasi dari Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dari Game Technologi

Keterkaitan dan Implementasi dari Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dari Game Technologi

Grafik komputer adalah tampilan pada sebuah komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suati citra pada tampilan tersebut. Maksudnya yaitu suatu proses pembuatan, penyimpanan dan pemanipulasian tampilan dan citra. Untuk lebih jelasnya bagian-bagian grafik komputer adalah seperti image (gambar), bentuk-bentuk animasi dan lain sebagainya. Istilah grafik komputer pertama kali ditemuka pada tahun 1960 oleh WILLIAM FETTER. Grafik komputer sangat berhubungan dengan pemodelan geometris yang berhubungan dengan pemodelan matematika, rendering yang berhubungan dengan penghasilan gambar, dan animasi yang berhubungan dengan menetapkan tingkah laku dari sebuah objek. Grafik komputer sangat banyak digunakan oleh banyak orang, misalnya pembuatan film animasi, pembuatan game, alat-alat medis dan lain sebagainya. Grafik komputer juga tidak bisa berjalan dengan baik tanpa ada pengolahan citra. Karena pemrosesan citra dengan menggunakan komputer akan menghasilkan citra yang sangat baik. Contoh pengolahan citra adalah :

 

 

Contoh Pengolahan Citra

 

Implementasi dari grafik komputer dan pengolahan citra juga terdapat dalam game, baik itu game online dan game-game biasa. Disini saya akan mengambil satu contoh game yaitu lytogame. Kalo berbicara dengan game maka sangat bergantung dengan spesifikasi komputer yang kita miliki agar pada saat kita memainkan game tersebut tidak ada kendala yang dapat memepengaruhi permainan tersebut. Minimal spesifikasi komputer untuk game tersebut adalah :

  • Prosesor single core supaya tidak buang2 listrik atau core2duo,
  • Memori (RAM) minimal 1GB,
  • HDD minimal 80GB,
  • VGA  minimal menggunakan Nvidia series, dan yang lainnya tergantung pada keinginan yang memainkan game tersebut. Misalnya monitor dan audio untuk mendengarkan suara dari game tersebut.

Bermain game juga memiliki dampak negative dan positif. Dampak positifnya adalah bisa melatih pola berpikir, reflek, dan mungkin juga dijadikan ajang untuk mendapatkan uang dengan mengikuti pertandingan atau menjual item dan karakter di game. Sangat terbukti juga dalam sebuah penelitian game dapat membuat anak-anak menjadi cerdas dibandingkan dengan anak-anak yang kurang atau sama sekali tidak pernah bermain game. Selain itu dampak negative dari bermain game adalah tidak lulus sekolah (kuliah) bagi yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa ataupun hal-hal lainnya seperti kejahatan-kejahatan karena kehabisan uang untuk bisa bermain game online. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya dampak negative dalam bermain game maka dibutuhkan perhatian dari orang tua untuk anak-anak yang masih kecil dan untuk orang yang sudah dewasa misalnya kepada para mahasiswa dibutuhkan kesadaran yang baik untuk mencagah terjadinya dampak negative tersebut.

SUMBER :

novia_f.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/…/1.+Pendahuluan.pdf

http://forum.lytogame.com/showthread.php?t=1520

http://icanelsciere.blogspot.com/2010/01/dampak-positif-dan-negatif-dari-game.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: