MANFAAT dan BAHAYA MINUMAN KOPI

MANFAAT dan BAHAYA MINUMAN KOPI

Berbagai rasa kopi yang khas membuat sensasi menyenangkan di mulut. Misalnya es kopi atau iced coffee yang manis biasanya menyegarkan. Es krim rasa kopi pun juga menjadi favorit bagi banyak orang. Kopi juga menjadi salah satu bahan dasar beberapa jenis kue rasa kopi. Dan yang paling populer adalah kopi polos dan juga kopi susu. Namun para ilmuwan juga menyelediki manfaat lain dari kopi. Sisa bubuk dari kopi bermanfaat sebagai pupuk yang baik. Selain itu, beberapa produk disinfektan maupun isolasi untuk dinding, lantai dan atap juga dapat dibuat dari kopi. Gliserin yang merupakan produk sampingan dari sabun, dapat dibuat dari minyak kopi. Minyak kopi juga biasa digunakan sebagai bahan pembuat cat, sabun, maupun produk lainnya. Biji kopi dapat bermanfaat untuk berbagai produk dan kegunaan. Namun yang paling populer tentu saja sebagai minuman yang nikmat yang diminum banyak orang setiap harinya.

Meski minum kopi sungguh nikmat, namun minuman ini sering memunculkan berbagai dilema. Beberapa penelitian menunjukkan bahaya dari minum kopi. Bahkan pada jaman dahulu, di Timur Tengah, kopi sempat menjadi minuman yang haram karena sering menimbulkan efek negatif. Apa saja bahaya dari kopi yang nikmat ini?. Konsumsi kopi telah dikenal begitu luas dewasa ini, dan berbagai peringatan dari para ahli telah berulang kali diungkapkan selama bertahun-tahun terhadap banyaknya bahaya yang mengancam para peminum kopi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para penggemar kopi harus mewaspadai bahaya yang bisa timbul dari kebiasaan minum kopi mereka. Bahaya tersebut antara lain penyakit jantung, diabetes dan bahkan beberapa jenis kanker. Meski demikian, banyak orang mengabaikan peringatan ini. Mengapa?. Selama beberapa tahun belakangan ini, para peneliti telah mempublikasikan hasil penelitian mereka mengenai akibat minum kopi. Namun kesimpulan yang dibuat para peneliti ini belum sampai ke kesimpulan yang meyakinkan. Mengapa? Karena biasanya para peneliti hanya meneliti bahaya dari kafein, salah satu dari 500 kandungan kimia alami dalam secangkir kopi. Jadi sebenarnya penelitian terhadap kopi memang masih belum final dan masih jauh lebih kompleks.

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek stimulan yang cukup berbahaya. Kafein dapat menyebabkan seseorang sulit tidur. Kafein juga menyebabkan seseorang sulit mengendalikan emosi serta sulit berkonsentrasi. Kafein juga diindikasikan bisa memicu kanker. Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan kolesterol hingga 10 persen. Khususnya jika kopi yang diminum tanpa disaring dan langsung dipanaskan. Kolesterol sendiri dikenal sebagai penyebab gangguan jantung. Seorang ahli nutrisi dari Inggris merekomendasikan untuk minum kopi yang segar dan bukan kopi yang sudah diolah, dipanaskan dan dididihkan selama beberapa waktu.

Bagi para penggemar kopi, para ahli menyarankan untuk minum kopi secara wajar. Hindari minum lebih dari enam cangkir kopi dalam sehari. Bagi mereka yang mengalami gangguan jantung, gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi sebaiknya minum kopi cukup satu cangkir sehari. Untuk wanita hamil dan menyusui, sebaiknya juga minum tidak lebih dari secangkir kopi sehari. Kopi memang nikmat, namun kesehatan jauh lebih penting dibanding menikmati kopi secara berlebih. Selamat menikmati secangkir kopi Anda!

Catatan :

Kalimat yang berwarna merah adalah contoh kalimat Generalisasi

Kalimat yang berwarna biru adalah contoh kalimat Analogi

Kalimat yang berwarna hijau adalah contoh kalimat Sebab Akibat

15 Komentar

  1. menone said,

    April 6, 2011 pada 7:06 pm

    hmmmmmmmmm….. tiap hari menone sll minum kopi nich hahahahahahaha……

    • suratno said,

      April 8, 2011 pada 9:51 am

      bermanfaat lagi anda minum KOPI RADIX. makin tua makin sehat bukan impian kosong

  2. edi said,

    April 7, 2011 pada 11:18 am

    thanks bro buat informasinya.

    • April 8, 2011 pada 8:32 am

      sama-sama bro semoga bermanfaat.
      terima kasih

    • suratno said,

      April 8, 2011 pada 9:53 am

      KOPI RADIX memang bermanfaat untuk semua usia. aman tidak mengandung efek samping, menyembuhkan berbagai penyakit. dibuat oleh orang2 yang jujur dan amanah

  3. suratno said,

    April 8, 2011 pada 9:49 am

    kopi yang enam dan aman adalah KOKI RADIX produk HPA Malaysia. terbuat dari 7 herba pilihan dikombinasikan dengan kopi, menyembuhkan berbagai penyakit dan dapat menghentikan ketagihan merokok. clik aja www. hpa

  4. pulzzahut said,

    Juni 14, 2011 pada 2:06 am

    bagaimanapun kopi adalah minuman favorit saya, pengin bs menikmati varian kopi daerah

    • November 13, 2011 pada 9:01 pm

      Kita sejalan,, kopi juga minuman favorit saya..
      Terima kasih telah membacanya..

    • hendra said,

      Juni 12, 2012 pada 8:59 am

      kopi sesungguhnya baik yg penting jgn dikasih penguat rasa. cr utk mengetahui dengan sebtg rokok masukan kedalam sachet bekas kopiditutup 1menit,klau ada bhn penguat rokok diisap akan rasa hambar. selamat menguji!!!

  5. upay said,

    Juli 27, 2011 pada 6:27 pm

    hmm….mmmmm…gtu yah???

  6. Baju Bali said,

    Desember 12, 2011 pada 10:44 am

    Terimakasih untuk informasinya yang bermanfaat
    sukses selalu…

  7. Phanie said,

    Juni 10, 2012 pada 10:45 am

    Setelah membaca Artikel ini saya jadi Lebih tau tentang Kopi..
    Thanks atas infonya.. :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: