DAMPAK NEGATIF PESTISIDA

Dampak Negatif Pestisida Terhadap Lingkungan

 

 

Macam-Macam Pestisida

 

Pestisida adalah suatu bahan kimia yang digunakan oleh para petani untuk menjaga tanamannya dari serangan hama. Dengan menggunakan pestisida semua tanaman para petani akan terhindar dari segala macam hama. Sehingga apabila tanaman petani tersebut terhindar dari serangan hama, maka tanaman petani akan bagus dan akan menghasilkan hasil yang banyak dan akan terus meningkat. Oleh karena itu apabila hasil pertanian meningkat otomatis kehidupan para petani akan sejahtera. Tetapi dibalik semua itu penggunaan pestisida sangat berdampak buruk bagi lingkungan sekitar kita. Pestisida dapat merusak makhluk hidup yang ada di air yaitu dengan cara apabila petani menggunakan pestisida di daerah persawahan maka titik-titik air yang ada pada pestisida akan mengalir ke sungai dan dapat meracuni ikan-ikan yang ada di sungai. Selain itu pestisida dapat menyuburkan ganggang yang ada di sungai. Apabila ganggang yang ada di sungai menjadi subur maka cahaya matahari akan sulit masuk ke dalam sungai. Ini dapat menyebabkan makhluk hidup yang ada di air tidak mendapat cahaya. Contohnya fitoplankton, apabila fitoplankton tidak mendapatkan cahaya maka tidak akan bisa berfotosintesis dan tidak dapat lagi menghasilkan makanan untuk hewan-hewan yang ada di dalam air.

Pestisida tidak hanya dapat merusak makhluk hidup yang ada di air, melainkan pestisida juga dapat mencemari udara karena pestisida mengandung gabungan dari beberapa zat kimia yang menghasilkan bau tak enak dan dapat merusak pernapasan. Pestisida juga dapat merusak kulit para petani. Apabila petani terlalu sering kontak kulit dengan pestisida maka akan mengakibatkan iritasi pada kulit. Pestisida juga membuat hasil pertanian menjadi tidak sehat lagi misalnya pada buah-buahan. Untuk mendapatkan hasil yang bagus kebanyakan para petani sekarang ini menyemprotkan pestisida ke tanaman buah yang ditanamnya. Maka pestisida yang disemprotkan tersebut akan diserap oleh buah dan apabila kita makan maka dapat merusak kesehatan kita.

Dengan adanya dampak buruk pada pestisida, para petani lebih dianjurkan menggunakan sistem organik yang tidak mengandung bahan kimia. Tetapi dengan menggunakan sistem organik pertanian sangat rentan terserang hama. Tetapi hasil pertanian jauh lebih sehat dibanding menggunakan pestisida. Oleh karena itu para petani diharapkan menggunakan sistem pertanian organik dan tidak terlalu banyak menggunakan pestisida. Karena sistem pertanian organik sangat bermafaat dan tidak membahayakan kesehatan.

About these ads

6 Komentar

  1. Iroel d Rez said,

    Mei 19, 2010 at 10:13 am

    thx,,, atas infonya,,,,

  2. Henry said,

    Juli 29, 2011 at 4:07 pm

    sebaiknya ditambah lagi wawasannya oke

  3. Margareth Charwards said,

    November 26, 2011 at 4:53 pm

    thanks for share :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: